Posted by : Unknown Kamis, 31 Mei 2018


PENGERTIAN TREE


Kumpulan node yang saling terhubung satu sama lain dalam suatu kesatuan yang membentuk layakya struktur sebuah pohon. Struktur pohon adalah suatu cara merepresentasikan suatu struktur hirarki (one-to-many) secara grafis yang mirip sebuah pohon, walaupun pohon tersebut hanya tampak sebagai kumpulan node-node dari atas ke bawah. Suatu struktur data yang tidak linier yang menggambarkan hubungan yang hirarkis (one-to-many) dan tidak linier antara elemen-elmennya.

ISTILAH DALAM TREE

Gambar 1.1 Istilah dalam Tree

Ilustrasi alogaritma tree
Gambar 1.2 Ilustrasi Algoritma Tree
Keterangan :
Ancesor (F) = C, A
Descendant(C) = F,G
Parent (D) = B
Child (A) = B, C
Sibbling (F) = G
Size = 7
Height = 3
Root = A
Leaf = D,E,F,G
Degree = 2

JENIS-JENIS TREE
BINARY TREE
Tree dengan syarat bahwa tiap node hanya boleh memiliki maksimal dua sub pohon dan kedua subpohon harus terpisah.
Kelebihan struktur Binary Tree :
-          Mudah dalam penyusunan algoritma sorting
-          Searching data relatif cepat
-          Fleksibel dalam penambahan dan penghapusan data
Gambar 1.4 Binary Tree

FULL BINARY TREE
Semua node, kecuali leaf pasti memiliki 2 anak dan tiap subpohon memiliki panjang path yang sama.

Gambar 1.5 Full Binary Tree

COMPLETE BINARY TREE
 Tree yang mirip dengan full binary tree, tapi tiap subtree boleh memiliki panjang path yang berbeda dan tiap node (kecuali leaf) memiliki 2 anak.
Gambar 1.6 Complete Binary Tree

SKEWED BINARY TREE

Binary tree yang semua nodenya (kecuali leaf) hanya memiliki satu anak.
Gambar 1.7 Skewed Binary Tree

Berikut adalah contoh progam : 

//header file
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <stdlib.h>

//pendeklarasian struct sebuah tree awal
struct Node{
      int data;
      Node *kiri;
      Node *kanan;
};

//fungsi untuk menambahkan node baru
void tambah(Node **root, int databaru)
{
      //jika root masih kosong
      if((*root) == NULL)
      {
            //pembuatan node baru
            Node *baru;
            //pengalokasian memori dari node yang telah dibuat
            baru = new Node;
            //inisialisasi awal node yang baru dibuat
            baru->data = databaru;
            baru->kiri = NULL;
            baru->kanan = NULL;
            (*root) = baru;
            (*root)->kiri = NULL;
            (*root)->kanan = NULL;
            printf("Data bertambah!");
      }
     //jika data yang akan dimasukkan lebih kecil daripada elemen root, maka akan diletakkan di node sebelah kiri.
      else if(databaru<(*root)->data)
            tambah(&(*root)->kiri, databaru);
     //jika data yang akan dimasukkan lebih besar daripada elemen root, maka akan diletakkan di node sebelah kanan
      else if(databaru>(*root)->data)
            tambah(&(*root)->kanan, databaru);
     //jika saat dicek data yang akan dimasukkan memiliki nilai yang sama dengan data pada root
      else if(databaru == (*root)->data)
            printf("Data sudah ada!");
}

//fungsi yang digunakan untuk mencetak tree secara preOrder
void preOrder(Node *root)
{
      if(root != NULL){
            printf("%d ", root->data);
            preOrder(root->kiri);
            preOrder(root->kanan);
      }
}

//fungsi yang digunakan untuk mencetak tree secara inOrder
void inOrder(Node *root)
{
      if(root != NULL){
            inOrder(root->kiri);
            printf("%d ", root->data);
            inOrder(root->kanan);
      }
}

//fungsi yang digunakan untuk mencetak tree secara postOrder
void postOrder(Node *root)
{
      if(root != NULL){
            postOrder(root->kiri);
            postOrder(root->kanan);
            printf("%d ", root->data);
      }
}

//fungsi utama
int main()
{
      //deklarasikan variabel
      int pil, data;// c;
      Node *pohon; //*t;
      pohon = NULL; //inisialisasi node pohon
      //perulangan do-while
      do
      {
            system("cls"); //bersihkan layar
            printf("\t#PROGRAM TREE C++#");
            printf("\n\t==================");
            printf("\nMENU");
            printf("\n----\n");
            printf("1. Tambah\n");
            printf("2. Lihat pre-order\n");
            printf("3. Lihat in-order\n");
            printf("4. Lihat post-order\n");
            printf("5. Exit\n");
            printf("Pilihan : ");
            scanf("%d", &pil);
            switch(pil)
            {
            //jika pil bernilai 1
            case 1 :
                  printf("\nINPUT : ");
                  printf("\n-------");
                  printf("\nData baru : ");
                  scanf("%d", &data);
                  //panggil fungsi untuk menambah node yang berisi data pada tree
                  tambah(&pohon, data);
                  break;

            //jika pil bernilai 2
            case 2 :
                  printf("\nOUTPUT PRE ORDER : ");
                  printf("\n------------------\n");
                  if(pohon!=NULL)
                       //panggil fungsi untuk mencetak data secara preOrder
                        preOrder(pohon);
                  else
                        printf("Masih kosong!");
                  break;

            //jika pil bernilai 3
            case 3 :
                  printf("\nOUTPUT IN ORDER : ");
                  printf("\n------------------\n");
                  if(pohon!=NULL)
                       //panggil fungsi untuk mencetak data secara inOrder
                        inOrder(pohon);
                  else
                        printf("Masih kosong!");
                  break;

            //jika pil bernilai 4
            case 4 :
                  printf("\nOUTPUT POST ORDER : ");
                  printf("\n------------------\n");
                  if(pohon!=NULL)
                       //panggil fungsi untuk mencetak data secara postOrder
                        postOrder(pohon);
                  else
                        printf("Masih kosong!");
                  break;
            }
            _getch();
      }while(pil != 5); //akan diulang jika input tidak samadengan 5
      return EXIT_FAILURE;
}

Hasil Eksekusi Progam

Gambar 1.8 Tampilan Awal

Gambar 1.9 Tambah data

Gambar 2.0 Jika ditekan Menu 2

Gambar 2.1 Jika ditekan menu 3

Gambar 2.2 Jika ditekan menu 4

Gambar 2.3 Jika ditekan menu 5


Post By :
Tri Atmojo Sulaiman
Pend. Teknik Informatika

Referensi :
http://www.nblognlife.com/2014/12/tree-pada-c-tree-awal.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Unknown

Project

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © NeroPendragon -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan